Tempat Wisata Kuliner Manado

Rabu, 12 Oktober 2016

Kuliner Manado – Makanan merupakan sebuah kebutuhan pokok dari semua masyarakat yang ada di dunia ini. Tentu saja hal ini memang sudah bukan rahasia umum jika setiap hari kita membutuhkan makan untuk dapat melakukan aktifitas sehari-hari. Rata-rata makanan yang di konsumsi di sesuaikan dengan selera rasa, bahannya dan tentu saja harga yang di bandrol untuk makanan yang akan kita konsumsi.

Dunia kuliner di Indonesia memang sangat luar biasa dalam varian makanan dan penikmatnya, hal ini di karenakan jenis makanan atau minuman yang ada di Indonesia sangat banyak dan beragam. Tentu dengan banyaknya jenis dan macam makanan atau minuman yang ada di Indonesia ini membuat para penikmat kuliner Indonesia semakin di manjakan di karenakan banyaknya pilihan menu yang di sajikan.

Salah satu kuliner indonesia yang cukup populer dan sering di buru oleh para penikmat kuliner adalah kuliner manado. Memang kota manado merupakan sebuah tempat di mana surga bagi para pencari makanan enak dan wisata kuliner manado ini bisa di jadikan sebagai salah satu referensi atau rekomendasi dari kulinerindonesia.blogspot.com untuk para sahabat kulinerindonesia.blogspot.com.

Oleh karena itu pada kesempatan kali ini kulinerindoneisa.blogspot.com akan membahas kumpulan atau daftar tempat wisata kuliner manado paling enak yang tentu saja bisa memanjakan lidah orang-orang yang menikmati makanan manado yang sangat khas tersebut. Baik kini saatnya anda harus menyimak baik-baik tentang tempat wisata kuliner manado paling enak dan wajib untuk anda coba apabila kebetulan anda sedang berada di Kota Manado.


Tempat Wisata Kuliner Manado Paling Enak dan Terpopuler

Nasi Kuning Saroja
Kuliner Indonesia - Nasi Kuning Saroja
Tempat wisata kuliner manado yang pertama akan kita bahas adalah sebuah tempat kuliner yang cukup populer di Kota manado yakni Nasi Kuning Saroja yang tentu saja akan membuat lidah anda bergoyang. Nasi Kuning Saroja ini merupakan sebuah tempat makan paling enak di Manado yang berada atau berdiri di jalan Diponegoro, Manado, 95112. Untuk harga menu makanan dari tempat wisata kuliner manado Nasi Kuning Saroja ini juga cukup terjangkau yakni antara Rp. 3000 hingga Rp. 11000 saja.

Salah satu makanan favorit yang ada di wisata kuliner manado Nasi Kuning Saroja ini adalah nasi kuning yang tentunya sudah tidak asing di Pulau Jawa, akan tetapi nasi kuning yang ada di wisata kuliner Manado ini nampaknya agak berbeda, nama dari nasi kuning yang berbeda dari nasi kuning yang lain ini adalah Nasi Kuning Saroja. Di lengkapi dengan daging sapi, ikan cakalang, bawang goreng dan juga sambel nampaknya Nasi Kuning Saroja ini menjadi sangat istimewa.

City Extra
Kuliner Indonesia - City Extra
Tempat wisata kuliner manado yang berikutnya adalah sebuah tempat makan yang bernama City Extra yang terletak di jalan raya tanawangko, Desa Kalasey, Manado. Untuk harga menu makanan yang ada di City Extra ini adalah Rp. 15000 hingga 250000, akan tetapi dengan harga tersebut anda akan di manjakan dengan makanan yang sangat lezat. City Extra ini merupakan sebuah tempat wisata kuliner paling enak di manado yang terkenal sebagai restoran seafood paling enak di manado.

Di manado banyak sekali restoran seafood, hal ini di karenakan manado merupakan salah satu tempat yang sangat dekat dengan laut dan tentu saja hal ini menarik minat para wisatawan untuk melakukan diving di tempat tersebut. Salah satu yang kita rekomendasikan untuk anda adalah City Extra yang mana di dalamnya terdapat menu andalan seperti misalkan saja Kepiting Lada Hitam, Udang Bakar, Bobara Woku Blanga, Bobara Asam Manis, Udang Saus Padang, Bobara Bakar dan tentu saja masih banyak lagi menu makanan yang lainnya.

Wisata Bahari Seafood Restaurant
Kuliner Indonesia - Wisata Bahari Seafood Restaurant
Tempat wisata kuliner di Manado yang selanjutnya adalah sebuah tempat makan yang juga dekat dengan laut yakni Wisata Bahari Seafood Restaurant yang terletak di Jalan Wolter monginsidi 1 Bahu Mall Complex, Manado. Dengan menu makanan yang di bandrol dengan harga Rp. 30000 hingga 75000 yang tentu saja harga tersebut termasuk harga yang cukup terjangkau. Tidak kalah dengan restoran seafood yang lainnya, Wisata Bahari Seafood Restaurant iniakan memberikan kualitas makan yang luar biasa dengan spot pemandangan yang bagus.

Salad Goropa merupakan menu makanan seafood yang sangat di andalkan dalam tempat makan Wisata Bahari Seafood Restaurant ini. Ikan gorapa merupakan bahan utama dari makanan andalan yang ada di Wisata Bahari Seafood Restaurant yakni Salad Goropa. Akan tetapi juga banyak pilihan makanan lainnya yang bisa anda coba di Wisata Bahari Seafood Restaurant ini seperti misalkan saja Sayur Pakis, Aneka Olahan Udang Goropa Bakar Rica, Bobara dan jus tomat yang siap anda sruput setelah anda menikmati makanan yang ada di Wisata Bahari Seafood Restaurant ini.

RM Pondok Maengket Teterusan
Kuliner Indonesia - RM Pondok Maengket Teterusan
Tempat wisata kuliner manado yang selanjutnya akan kita bahas adalah sebuah tempat makan yang berada di jalan Terusan Mapanget, Sulawesi Utara yang mana nama dari tempat makan manado tersebut adalah RM Pondok Maengket Teterusan. Range harga dari tempat makan RM Pondok Maengket Teterusan ini yakni mulai dari Rp. 25000 yang tentu saja merupakan sebuah harga yang cukup terjangkau.  Menu ikan bakar yang ada di tempat wisata kuliner manado RM Pondok Maengket Teterusan ini sangat luar biasa rasanya.

Cah kangkung dan juga dabu-dabu yang ada di RM Pondok Maengket Teterusan ini mempunyai rasa yang sangat khas. Ada juga menu ikan mujair bakar yang siap menggoyang lidah anda dengan bumbu yang sangat khas tentu saja ikan mujair bakar tersebut sangat sedap. Akan tetapi ada 3 jenis masakan dengan bahan mujair yakni Ikan Mujair Woku Blanga, Ikan Mujair Goreng dan Ikan mujair Bakar Rica. Jika anda ingin merasakan bumbu khas manado, anda bisa mencoba Ikan Woku Blanga yang rasanya khas karena rempah yang ada di dalamnya.

Wakeke
Kuliner Indonesia - Wakeke
Tempat wisata kuliner paling enak di Manado salah satunya adalah sebuah tempat yang bernama Wakeke. Sunguh nama yang sangat unik dan ternyata tempat makan Wakeke ini menyajikan Tinutuan yang mana merupakan sebuah makanan khas Manado yang di buat dari beras yang kemudian menjadi sebuah bubur, setelah menjadi bubur selanjutnya di campur dengan singkong dan labu merah. Wakeke merupakan sebuah tempat wisata kuliner manado yang terletak di Jalan Wakeke No. 1 Manado, Sulawesi Utara.

Apakah anda tahu jika ternyata Tinutuan ini sangat nikmat apabila di campur dengan menu mie yang membuat cita rasanya sangat enak. Apabila anda membutuhkan sebuah menu pelengkap, anda bisa menggunakan cakalang fufu yakni potongan ikan cakalang yang di asap, dabu-dabu roa yakni sambal yang sangat khas dari Manado dan juga Perkedel Nike yakni olahan ikan nike. Untuk harga makanan yang ada di wisata kuliner Manado Wakeke ini yakni Rp. 1500 hingga Rp. 22000.

Ananas
Kuliner Indonesia - Ananas
Tempat wisata kuliner manado yang selanjutnya akan kita bahas adalah sebuah tempat yang bernama Ananas dan merupakan sebuah tempat kuliner gaul dan unik yang ada di Manado. Kenapa Ananas ini unik? Hal ini di karenakan café Ananas ini merupakan sebuah tempat yang menyajikan beberapa makanan khas tradisional yang ada di manado seperti misalkan saja Klappertaart, Cucur, Panada, Lalampa dan juga masih banyak makanan khas manado yang bisa anda dapatkan di Café Ananas ini.

Café Ananas ini merupakan sebuah tempat yang berada di Jalan BW Lapian 39, Manado yang tentu saja merupakan sebuah tempat yang di cari karena keunikan dan nikmatnya hidangan yang ada di dalamnya. Untuk harga anda bisa mendapatkan makanan yang ada di tempat makan Ananas ini dengan cara merogoh kocek Rp. 3000 hingga Rp. 50000. Makanan seperti misalkan saja Lalampa dan lumpia bisa anda dapatkan di tempat ini. Ada juga sambal bakasang yang merupakan makanan khas yang ada di Manado yang wajib untuk anda coba.

Dego Dego
Kuliner Indonesia - Dego Dego
Tempat wisata kuliner Manado yang selanjutnya adalah sebuah tempat makan yang bernama Dego Dego yang merupakan tempat yang berdiri di Jalan Wakeke No 11 Manado yang tentu saja menjadi favorit di Kota Manado.Makanan khas Manado yakni Tinutuan menjadi salah satu menu andalan yang ada di tempat makan bernama Dego Dego ini. Untuk harga dari menu makan di Dego Dego ini antara Rp. 4000 hingga Rp. 9500 yang tentu saja merupakan harga yang cukup terjangkau dan tidak membuat kantong anda boloang.

Makanan lainnya yang bisa anda dapatkan di Dego Dego ini seperti misalkan saja Perkedel Nike dan Mie Cangkalang. Mangkok dengan ukuran jumbo akan di sajikan di meja anda dengan isi menu Tinutuan. Perbedaan dari Tinutuan Dego Dego dengan yang lainnya adalah sayur dengan bubut di masak dengan terpisah sehingga sayur akan tetap fresh saat di nikmati. Tinutuan yang ada di Dego Dego ini bisa anda nikmati bersamaan dengan sambel bakasang dan juga sambel roa yang mempunyai cita rasa khas Kota Manado.

Kios Pelangi
Kuliner Indonesia - Kios Pelangi
Tempat kuliner manado yang paling enak yang selanjutnya akan kita bahas adalah sebuah tempat yang bernama Kios Pelangi yang secara tegar terletak atau beralamatkan di jalan Dr Sam Ratulangi, Manado. Kios Pelangi ini merupakan sebuah tempat makan yang menu makanannya di jual dengan harga yang cukup terjangkau yakni Rp. 3000 hingga Rp. 17000. Memang bubur Tinutuan merupakan sajian yang sangat khas di Kota Manado dan tentu saja membuat orang yang berada di sekitarnya penasaran dengan rasanya.

Selain bubur Tinutuan tersebut di tempat wisata kuliner Manado yang bernama Kios Pelangi ini juga menyediakan menu makanan menarik yakni seperti misalkan saja Mie Goreng Cakalang Pedas, Mie Cakalang Kuah, Mie Ayam dan beberapa menu pendukung lainnya seperti misalkan saja Banana Fritters, Nasi Kuning dan masih banyak menu makanan yang lainnya. Jika anda berada di Kota Manado, rasanya sangat sayang apabila anda tidak mampir ke tempat wisata kuliner manado Kios Pelangi ini.

Soto Rusuk Ba Ko Petrus
Kuliner Indonesia - Soto Rusuk Ba Ko Petrus
Tempat wisata kuliner Manado yang selanjutnya adalah sebuah tempat makan terpopuler di Kota Manado yang terletak di Jalan Laksda john Lie, Manado. Untuk range harga dari makanan yang ada di Soto Rusuk Ba Ko Petrus ini cukup terjangkau yakni Rp. 30 Ribuan. Seperti biasa rata-rata tempat wisata kuliner manado di dalamnya terdapat sajian Tinutuan dan makanan pelangkap lainnya seperti Banana Flitters dan Perkedel Nike yang memang sangat khas di Manado.

Akan tetapi ada salah satu menu makanan yang sangat menarik di Soto Rusuk Ba Ko Petrus ini yakni Soto Rusuk Ba’ yang tentu saja akan membuat lidah anda bergoyang, hal ini di karenakan rasa khas yang di dapat sangat luar biasa enak. Apakah ada tahu Soto Rusuk Ba’ ini makanan yang seperti apa? Soto Rusuk Ba’ ini merupakan sebuah soto yang didalamnya menggunakan daging babi yang tentu saja anda harus benar-benar tahu bahan dari Soto Rusuk Ba’ ini. Daging rusuk babi yang ada dalam soto ini terkenal sedap dan sangat enak.

Arafah
Kuliner Indonesia - Arafah
Tempat kuliner Manado yang berikutnya adalah sebuah tempat kuliner yang bernama Arafah yang tentu saja merupakan salah satu tempat kuliner di Manado paling populer dan berdiri di Jalan Babe Palar, Tomohon Tengah, Tomohon, Manado. Harga dari makanan yang di sajikan di tempat ini tergolong sangat murah yakni Rp. 12000 hingga Rp. 15000. Banyak menu makanan yang bisa anda dapatkan di rumah makan Arafah ini dan tentu saja setiap masakan yang ada di rumah makan Arafah ini mampu untuk menggoyang lidah kita.

Beberapa menu makanan yang bisa anda dapatkan di tempat wisata kuliner Arafah ini seperti misalkan saja Ikan Cakalang Fufu, Soto Ayam, Lalapan, Aneka Sayur, Gorengan dan juga banyak sekali jenis kue yang bisa anda nikmati pada rumah makan Arafah ini. Salah satu menu makanan yang menarik adalah Ikan Cakalang Fufu yang merupakan makanan yang terbuat dari bahan utamanya yakni Ikan Cakalang. Tentu menu makanan yang satu ini sangat lezat apabila di tambahkan dengan dabu-dabu yang merupakan sambal khas Minahasa.

Kios Tanta Marta
Kuliner Indonesia - Kios Tanta Marta
Tempat wisata kuliner manado yang selanjutnya akan kita bahas adalah sebuah tempat wisata kuliner yang wajib untuk anda cicipi apabila anda sedang berkunjung ke Kota Manado. Tempat makan populer yang satu ini bertempat di jalan Tikala Ares No 71 dan di namakan Kios Tanta Marta atau lebih tepatnya berada di dekat perempatan banjer. Dan tempat makan yang di namakan Kios Tanta Marta ini juga seperti kebanyakan tempat kuliner manado yang lainnya yakni menyajikan bubur khas tinutuan.

Banyak sekali para turis yang mengunjungi tempat wisata kuliner manado bernama Kios Tanta Marta ini, bahkan Kios Tanta Marta ini telah berdiri sejak tahun 1962 yang lalu. Ciri khas dari tempat Kios Tanta Marta ini adalah adanya sayur rebung yang tentu berbeda dengan menu sajian dari tempat yang lainnya. Sebagai salah satu warung yang cukup tua, akan tetapi untuk masalah harga Kios Tanta Marta ini membandrol makanannya mulai dari Rp. 5.000 saja.

Angel Fish
Kuliner Indonesia - Angel Fish
Tempat wisata kuliner menado yang selanjutnya adalah sebuah tempat yang sangat luar biasa dan mempunyai nama Angel Fish, tentu nama tempat makan ini di berikan oleh pemiliknya. Memang benar jika Angel Fish ini merupakan salah satu tempat wisata kuliner manado yang sangat populer dan menjadi favorit warga Manado. Hal ini di karenakan tempat makan Angel Fish yang berdiri di Jalan Piere Tendean ini menyajikan makanan yang sangat sesuai dengan lidah.

bagi pencinta seafood yang berada di sekitar area Angel Fish ini rasanya sangat wajib untuk mencoba menu seafood yang ada di Angel Fish ini. Beberapa makanan andalan yang ada di Angel Fish ini seperti misalkan saja Ikan Tude, Ikan Tude Bakar dan makanan seafood yang lainnya. Tempat wisata kuliner manado Angel Fish ini di buka mulai dari jam 9 siang waktu Wita hingga jam 10 Malang waktu Wita dan untuk harga anda bisa mencicipi sajian Angel Fish ini mulai dari Rp. 21.000 saja.

Mi Ayam Mas Topan
Kuliner Indonesia - Mi Ayam Mas Topan
Tempat wisata kuliner manado yang selanjutnya adalah sebuah tempat wisata kuliner yang di beri nama Mi Ayam Mas Topan oleh pemiliknya. Merupakan salah satu tempat wisata kuliner yang menu makanannya di sajikan secara apik, mempunyai rasa yang lezat dan di bandrol dengan harga yang cukup murah. Dari namanya saja kita sudah tahu bukan jika menu andalan dari Mi Ayam Mas Topan ini adalah mie pangsit ayam yang memang mempunyai rasa enak yang khas.

Tempat wisata kuliner manado yang terletak di Jalan Sam Ratulangi ini menjadi salah satu tempat tujuan para perut lapar. Akan tetapi ada beberapa makanan yang lainnya juga yang di sajikan di tempat Mi Ayam Mas Topan ini seperti misalkan saja tahu telur, ayam bakar, ayam lalapan, bakwan malang, ketoprak dan masih banyak lagi menu makanan lainnya. Untuk harga dari sajian yang ada di Mi Ayam Mas Topan ini sepertinya cukup terjangkau yakni mulai dari Rp. 8.000 saja.

Ragey
Kuliner Indonesia - Ragey
Tempat wisata kuliner manado yang selanjutnya adalah sebuah tempat kuliner yang di dalamnya terdapat menu makanan yang berbahan daging babi. Tentu ini merupakan tempat wisata kuliner manado yang di khususkan bagi para penikmat makanan yang berbahan dasar daging babi. Ragey merupakan tempat makan di manado yang kita maksud dan merupakan salah satu rumah makan yang ramai dengan pengunjung, terletak di Jalan anowangko Kawangkoan, Talikuran Minahasa tentu RM ini cepat terkenal.

Beberapa menu makanan yang bisa anda nikmati di Ragey ini seperti misalkan saja sate babi dan babi panggang. Tentu bumbu yang di gunakan dalam masakan di Ragey ini merupakan bumbu yang khas Minahasa yang terkenal lezat. Di tambah lagi jika makanan yang ada di Ragey ini di campur dengan sambal tomat Manado yang sangat khas yang biasa di sebut dengan dabu-dabu. Untuk harga anda bisa menikmati sajian Ragey ini mulai dari Rp. 8.000 saja.

Gembira
Kuliner Indonesia - Gembira
Tempat wisata kuliner manado yang berikutnya adalah sebuah tempat kuliner yang bernama Gembira. Memang unik dari namanya sendiri dan merupakan sebuah tempat kuliner manado yang terletak di Jalan Raya Kawangkoan, Sendangan Lingkungan 6, Manado. Berbagai makanan ringan bisa anda dapatkan di tempat makan yang bernama Gembira ini seperti misalkan saja biapong temo dan roti bakar.

Tapi jangan sampai lupa untuk memesan kopi hitam atau kopi susu khas buatan Gembira ini. Makanan yang bernama biapong temo yang ada di tempat makan Gembira ini ada 2 macam yakni biapong isi kacang hijau dan biapong isi daging babi. Tentu menjadi pengalaman tersendiri bagi anda sedang berada di manado untuk mencoba makanan yang satu ini. Untuk harganya sendiri dari menu makanan yang di sajikan di Gembira mulai dari Rp. 5.000 saja.