Makanan Khas Papua

Rabu, 12 Oktober 2016

Makanan Khas Papua – Memang saat ini di Indonesia telah muncul nama-nama baru dalam bisnis kuliner, tentu sajian makanannya juga sangat bervariasi, hal ini di karenakan makanan khas indonesia sangat banyak macam dan jenisnya. Salah satu makanan yang memperkaya varian makanan khas indonesia adalah makanan khas papua yang tidak kalah enak dari makanan khas dari kota lainnya yang ada di Indonesia.

Mungkin anda akan penasaran jika kita berbincang mengenai makanan khas papua ini, pasalnya tidak banyak orang yang tahu jika ternyata makanan khas papua itu sangat enak. Selain enak tentu di papua juga banyak makanan khas yang bisa menggoyang lidah anda dan mampu mengenyangkan perut lapar anda. Beberapa di antaranya telah di liput dalam berbagai acara kuliner yang ada di televisi dan membuat daya tarik dari makanan khas papua semakin kuat.

Banyak orang yang penasaran dengan makanan khas papua, oleh karena itu pada kesempatan kali ini kulinerindonesia.blogspot.com akan mengajak untuk membahas tentang makanan khas papua yang paling terkenal dan paling populer yang sepertinya sangat wajib bagi anda untuk mencicipi makanan khas papua ini jika anda sedang berada di papua. Karena akan sangat sayang jika anda sedang berada di Papua akan tetapi tidak mencicipi makanan khas yang ada di sana.


Daftar Makanan Khas Papua Paling Populer dan Terkenal

Sate Ulat Sagu
Kuliner Indonesia - Sate Ulat Sagu
Makanan khas papua yang akan kita bahas sesaat lagi adalah sebuah makanan yang mungkin bagi sebagaian dari anda merupakan yang ekstrem. Pasalnya makanan khas papua yang bernama Sate Ulat Sagu ini merupakan sebuah makanan berjenis sate yang bahan dasarnya adalah ulat sagu yang mempunyai ciri dari ukurannya yakni sebesar jempol orang dewasa dan di ambil dari pohon sagu yang telah busuk.

Faktanya Sate Ulat Sagu ini bisa anda cicipi baik masih mentah atau setelah anda masak hingga matang. Di Papua sana, makanan yang terkenal dengan nama Sate Ulat Sagu ini di fungsikan sebagai camilan yang sangat umum dan ternyata Sate Ulat Sagu ini selain enak, gurih dan kenyal, ternyata Sate Ulat Sagu ini juga di dalamnya terdapat kandungan protein yang sangat besar. Jadi Sate Ulat Sagu ini kaya akan manfaat yang bagus untuk tubuh kita.

Ikan Bungkus
Kuliner Indonesia - Ikan Bungkus
Makanan khas papua yang selanjutnya akan kita bahas adalah sebuah makanan khas yang terkenal dengan nama Ikan Bungkus. Makanan yang satu ini di buat dari daun talas ynag berfungsi sebagai bungkus dari makanan ini dan tentu saja di dalam daun talas tersebut di masukkanlah ikan laut. Tidak lupa di dalam bungkusan tersebut di bubuhkan bumbu rempah yang sangat khas dari papua yang bercita rasa asin.

Cita rasa yang asin tersebut ternyata mempunyai fungsi juga sebagai penghilang getah yang terdapat dalam daun talas tersebut. Untuk pemasakkannya yakni dengan cara di bakar di atas api yang teramat kecil hingga di rasa matang. Untuk saran penyajiannya makanan khas papua yang terkenal dengan nama Ikan Bungkus ini sangat lezat jika di konsumsi pada saat masih hangat, rasanya jika anda datang ke Papua sangat wajib untuk mencicipi makanan khas papua yang satu ini.

Aunu senebre
Kuliner Indonesia - Aunu senebre
Makanan khas papua yang berikutnya akan kita kupas secara tuntas adalah sebuah makanan yang terkenal dengan nama Aunu senebre. Makanan yang satu ini ternyata di dalamnya terdapat ikat teri nasi yang di gunakan sebagai bahan dasar dari Aunu senebre ini. Bahan yang telah kita sebutkan tadi kemudian di campur dengan daun talas yang telah di iris-iris sehingga tercampur dengan cukup rata.

Banyak orang yang menilai jika makanan khas papua yang satu ini memiliki tekstur yang kering, akan tetapi pada kenyataannya makanan khas papua yang satu ini mempunyai tekstur yang tidak terlalu kering. Bahkan daun talas yang telah di iris tadi menghasilkan rasa gurih yang lezat. Pada saat penyajiannya biasanya makanan yang populer dengan nama Aunu senebre ini di makan bersama dengan papeda yang juga merupakan makanan khas papua juga.

Papeda
Kuliner Indonesia  - Papeda
Makanan khas papua yang selanjutnya akan kita bahas adalah sebuah makanan yang paling terkenal di seluruh indonesia jika di bandingkan dengan makanan khas papua yang lainnya. Pasalnya makanan bernama Papeda ini sangat sering di liput oleh media TV. Makanan bernama Papeda ini merupakan makanan yang di buat dari sagu khas papua dan di jadikan menjadi bubur yang mempunyai tekstur kenyal.

Papeda ini merupakan makanan yang mempunyai warna putih, mempunyai tekstur yang lengket, mempunyai rasa yang tawar dan biasanya di makan bersama dengan ikan tongkol yang di bumbui dengan kunyit. Jangan salah ternyata kandungan baik yang terdapat dalam makanan Papeda ini sangat banyak seperti misalkan saja kaya akan serat, bernutrisi tinggi dan merupakan makanan khas papua yang rendah kolesterol.

Ikan Bakar Manokwari
Kuliner Indonesia  - Ikan Bakar Manokwari
Makanan khas papua yang berikutnya akan kita bahas adalah sebuah makanan yang sangat lezat berasal dari tanah papua. Makanan ini terkenal dengan nama Ikan Bakar Manokwari yang tentu saja dari namanya kita sudah tahu asal dari makanan khas papua ini yakni berasal dari masyarakat manokwari. Yang di gunakan dalam pembuatan Ikan Bakar Manokwari ini biasanya sebagian besar menggunakan ikan tongkol.

Sajian makanan yang lezat berasal dari papua ini sangat layak untuk anda cicipi ketika anda datang ke tanah papua sana. Tentu makanan enak yang berasal dari papua ini di tampilkan cukup berbeda dengan tempat yang lainnya, jika biasanya ikan bakar yang ada di tempat lain di siram menggunakan bumbu kecap, di papua berbeda lagi, ikan bakar yang ada di Papua ini di siram dengan menggunakan sambal yang sangat gurih.