Makanan Khas Jawa Timur

Rabu, 12 Oktober 2016

Makanan Khas Jawa Timur – Indonesia merupakan salah satu negara yang di sukai oleh para wisatawan asing di seluruh dunia, salah satu yang menarik dari negara indonesia bagi sebagian besar wisatawan asing adalah makanan khas yang sangat enak dan lezat. Tentu hal ini akan menambah pesona dari negara indonesia selain dari destinasi tempat wisatanya, ternyata juga terdapat berbagai makanan khas yang luar biasa.

Memang benar adanya jika setiap wilayah di indonesia ini mempunyai cita rasa khas masing-masing, salah satu provinsi yang ada di indonesia yang ternyata terdapat beberapa makanan khas enak adalah provinsi Jawa Timur. Nampaknya Provinsi yang satu ini mendapatkan perhatian khusus bagi para pencinta kuliner di seluruh indonesia, pasalnya provinsi yang berada di kota jawa ini mempunyai makanan khas jawa timur dengan rasa yang sangat lezat.

Jadi apabila kebetulan anda sedang berada di Provinsi Jawa Timur, tidak ada salahnya apabila anda mencoba untuk mencicipi makanan khas jawa timur yang pastinya enak dan lezat. Beberapa makanan khas jawa timur ini mungkin sudah anda ketahui, akan tetapi mungkin saja ada beberapa makanan khas jawa timur yang juga belum anda ketahui, olah karena itu pada kesempatan kali ini kulinerindonesia.blogspot.com mengajak anda untuk membahas makanan khas jawa timur paling enak dan populer.


Daftar Makanan Khas Jawa Timur Paling Populer dan Enak

Bakso Malang
Kuliner Indonesia - Bakso Malang
Makanan khas jawa timur yang sesaat lagi akan di bahas oleh kulinerindonesia.blogspot.com adalah sebuah makanan yang nampaknya sudah sangat terkenal akan kelezatannya. Bakso Malang merupakan salah satu makanan khas jawa timur yang sangat wajib untuk anda coba, tenang saja makanan khas yang satu ini sudah bisa anda temukan di banyak kota, pasalnya banyak pedagang yang menjual Bakso Malang dengan cita rasa yang khas Malang.

Memang benar jika Bakso Malang kini merupakan primadona makanan jenis bakso di seluruh indonesia, pasalnya rasa dari Bakso Malang ini sangat berbeda dengan jenis bakso yang lainnya. Jangan sampai untuk tidak mencoba makanan khas jawa timur yang satu ini, tentu makanan Bakso Malang ini membuat anda akan mencoba, mencoba dan terus mencoba kelezatan bakso khas jawa timur atau lebih tepatnya khas malang ini.

Gado-Gado
Kuliner Indonesia - Gado-Gado
Makanan khas jawa timur yang berikutnya akan kita bahas adalah sebuah makanan khas yang di sajikan dengan bumbu kacang yang lezat. Makanan yang satu ini biasa di sebut dengan Gado-Gado yang memang merupakan makanan khas jawa timur yang sudah teruji kelezatan dalam setiap gigitannya. Makanan bernama Gado-Gado ini merupakan favorit dari orang lokal, akan tetapi juga tidak sedikit warga asing yang suka dengan Gado-Gado ini.

Bahkan makanan khas jawa timur yang satu ini di nilai merupakan makanan yang cukup sehat, pasalnya beberapa bahan yang ada dalam Gado-Gado ini adalah berupa tempe, kentang, sayuran yang di rebus, tahu dan ketupat. Rasa enak yang bisa kita dapatkan dari makanan khas jawa timur ini adalah saus kacang yang sangat lezat, jika anda suka pedas anda bisa menambahkan cabai pada saat proses pembuatan dari Gado-Gado ini.

Nasi Tumpang
Kuliner Indonesia - Nasi Tumpang
Makanan khas jawa timur yang selanjutnya adalah sebuah makanan yang dalam bahasa jawa di sebut sego tumpeng, akan tetapi jika di terjemahkan dalam bahasa indonesia berarti Nasi Tumpang. Makanan yang satu ini merupakan makanan khas kediri yang tentu saja akan memberikan cira rasa makanan yang sangat lezat dan untuk kuahnya di buat dengan menggunakan sambal tumpang, banyak orang yang bertanya-tanya sebenarnya apa sih sambal tumpang itu?

Sambal tumpang sendiri adalah sebuah makanan yang di buat dari tempe basi atau dalam bahasa jawanya di buat dari tempe bosok. Untuk proses pembuatan dari Sambal tumpang sendiri yakni dengan cara memasak tempe bosok tersebut bersama dengan ayam, yang tentu saja menghasilkan rasa yang lezat. Banyak orang yang penasaran dengan makanan yang bernama Nasi Tumpang ini, apakah anda penasaran ingin mencicipi makanan khas jawa timur ini?

Soto Lamongan
Kuliner Indonesia - Soto Lamongan
Memang sudah tidak di ragukan lagi jika makanan yang akan kita bahas sesaat lagi wajib untuk di masukkan dalam daftar makanan khas jawa timur, pasalnya kebesaran dari makanan khas jawa timur yang bernama Soto Lamongan sudah sangat terkenal seantero indonesia. Hal ini di karenakan Soto Lamongan mempunyai cita rasa yang sangat khas ala Kota Lamongan, saat ini di kota lain banyak yang menjual Soto Lamongan ini.

Soto Lamongan biasanya pada saat penyajiannya di campurkan dengan koya, yang mana koya adalah sebuah pelengkap dari Soto Lamongan ini yang berupa bubuk gurih yang di buat dari bawang putih dan kerupuk udang. Tentu sudah terbayang bukan rasa dari koya tersebut? Jika penasaran dengan makanan khas jawa timur ini anda tidak perlu datang langsung ke lamongan, saat ini banyak di kota lain yang menyajikan Soto Lamongan ini.

Rawon
Kuliner Indonesia - Rawon
Makanan khas jawa timur yang berikutnya akan di bahas oleh kulinerindonesia.blogspot.com adalah sebuah makanan yang sangat terkenal, karena pada umumnya makanan khas jawa timur bernama Rawon ini biasanya di gunakan sebagai makanan yang di hidangkan di acara pernikahan. Dengan kuah yang berwarna coklat agak sedikit hitam, membuat makanan khas jawa timur ini di kenal banyak orang, warna tersebut di dapat dari kluwek yakni salah satu bahan untuk membuat Rawon.

Rawon pasuruan merupakan salah satu rawon yang sangat terkenal berkat rasa Rawon yang sangat khas. Makanan bernama Rawon ini biasanya di sajikan bersama dengan nasi putih, kerupuk dan bawang goreng. Akan tetapi jangan lupa untuk menambahkan sayuran, tauge, gading sapi dan juga potongan telur. Rasa penasaran anda tentang makanan khas jawa timur yang satu ini akan terjawab dengan puas setelah mencobanya sendiri.

Lontong Balap
Kuliner Indonesia - Lontong Balap
Makanan khas jawa timur yang selanjutnya akan kita bahas adalah sebuah makanan yang terkenal dengan nama Lontong Balap. Makanan yang satu ini merupakan makanan yang di buat dari banyak sekali bahan, seperti misalkan saja tauge, lontong, lenthok, tahu goreng, bawang goreng, kecap dan bagi anda yang suka dengan makanan pedas anda bisa menambahkan sambal. Tentu tidak lupa dalam makanan ini terdapat kuah yang sedap.

Lontong Balap ini memang sudah ada sejak beberapa tahun yang lalu, akan tetapi hingga era saat ini makanan khas jawa timur yang satu ini masih sangat mendapatkan tempat di hati para penikmat kuliner indonesia, khususnya masyarakat jawa timur. Makanan ini pada masanya dulu biasanya di jajakan dengan cara di pikul dan di bawa keliling, Lontong Balap ini merupakan makanan khas jawa timur paling legendaris.

Tahu Tek
Kuliner Indonesia - Tahu Tek
Makanan khas jawa timur yang berikutnya akan kita bahas di kulinerindonesia.blogspot.com yang tentu saja tidak kalah enaknya dengan makanan khas jawa timur yang lainnya. Makanan yang satu ini populer dengan nama Tahu Tek dan merupakan sebuah makanan yang dari namanya saja kita sudah tahu apa bahan utamanya yakni tahu. Tahu yang di masak dengan cara di goreng setengah matang kemudian di campur dengan bahan yang lainnya.

Beberapa bahan yang wajib masuk untuk di campurkan dengan tahu setengah matang tadi yakni seperti misalkan saja timun, kentang goreng, lontong dan tauge. Tidak lupa setelah mencampur beberapa bahan Tahu Tek di atas anda wajib untuk mencampurnya dengan bumbu yang terbuat dari petis dengan kacang tanah yang sudah di goreng. Jika anda sedang berkunjung di Jawa Timur, sepertinya salah satu makanan khas jawa timur yang wajib untuk anda coba adalah Tahu Tek ini.

Pecel
Kuliner Indonesia - Pecel
Makanan khas jawa timur yang selanjutnya adalah sebuah makanan yang tentu saja merupakan makanan sejuta umat, pasalnya saat ini banyak orang yang menjual makanan khas jawa timur yang satu ini. Yakni Pecel adalah salah satu makanan khas jawa timur yang sederhana akan tetapi merupakan makanan yang di idolakan bagi para pencinta kuliner jawa timur. Masing-masing kota yang ada di Jawa timur mempunyai cita rasa khas pecel sendiri-sendiri.

Makanan khas blitar yang bernama Pecel ini berbahan sederhana, seperti sayuran atau biasanya di jawa di sebut dengan kulup, di campur dengan peyek kemudian di siram dengan bumbu kacang yang mempunyai cita rasa khas setiap kota yang ada di Jawa Timur. Beberapa kota di Jawa Timur yang mempunyai pecel dengan rasa yang khas adalah pecel khas kediri, pecel khas malang dan pecel khas jember yang tidak kalah rasanya dari yang lainnya.

Rujak Cingur
Kuliner Indonesia - Rujak Cingur
Makanan khas jawa timur yang tidak kalah enak dari makanan yang lainnya adalah makanan yang populer dengan Rujak Cingur. Makanan yang satu ini merupakan makanan yang di buat dengan bahan utama cingur atau mulut sapi yang sangat enak jika di olah dengan baik. Memang tampak aneh jika makanan ini mempunyai bahan utama dari mulut sapi, akan tetapi saat anda mencoba Rujak Cingur ini pasti anda akan minta nagih.

Tentu tidak hanya cingur atau mulut sapi saja yang ada di Rujak Cingur ini, beberapa sayuran, tahu dan tempe juga di masukkan dalam bahan Rujak Cingur ini. Untuk bumbu dari Rujak Cingur ini terdiri dari gula merah, petis, kacang tanah yang di goreng, cabe yang di tambah dengan sedikit air dan di lembutkan. Tentu rasa dari makanan khas jawa timur yang satu ini tidak perlu diragukan lagi kelezatannya.

Pecel Lele
Kuliner Indonesia - Pecel Lele
Ada lagi sebuah makanan khas jawa timur yang tidak kalah enak dari makanan khas di indonesia yang lainnya. Masakan jawa timur yang satu ini sangat populer dengan nama Pecel Lele. Biasanya menu makanan khas jawa timur yang bernama Pecel Lele ini yang paling terkenal adalah sebuah Pecel Lele yang berasal dari Lamongan. Akan tetapi saat ini banyak tempat wisata kuliner di Jawa Timur yang menyajikan makanan Pecel Lele ini.

Pecel Lele merupakan sebuah makanan khas jawa timur yang di buat dengan cara lele yang di goreng hingga menghasilkan rasa yang gurih. Setelah lele matang, kini saatnya mancampur lele tersebut dengan sambal khas untuk Pecel Lele ini. Kemudian kini saatnya menghiasi makanan khas jawa timur ini dengan berbagai jenis lalapan seperti mentimun dan juga daun kemangi yang harus sekali.

Sambel Wader
Kuliner Indonesia - Sambel Wader
Ada juga makanan khas jawa timur yang merupakan makanan khas mojokerto dan tentu saja makanan ini merupakan makanan khas jawa timur yang sangat enak. Ternyata makanan khas jawa timur yang satu ini banyak peminatnya, buktinya di kawasan mojokerto banyak sekali tempat kuliner yang menjual Sambel Wader ini. Wader sendiri adalah ikan air tawar yang sangat sering kita temukan di sungai-sungai di sekitar kita.

Tentu Sambel Wader ini sangat enak yakni perpaduan antara ikan wader dengan sambal khas yang sangat enak, tentu saja sambal yang di sajikan dalam Sambel Wader ini di buat dengan rasa yang berbeda dengan jenis sambal yang lainnya. Sambel Wader yang merupakan makanan khas jawa timur ini sangat cocok apabila di makan dengan nasi putih punel yang masih hangat, tentu akan sangat terasa dalam setiap gigitan kenikmatannya.

Rujak Soto
Kuliner Indonesia - Rujak Soto
Makanan khas jawa timur yang selanjutnya akan kita bahas adalah sebuah masakan yang berasal dari Kota Banyuwangi, makanan khas jawa timur ini sangat populer dengan nama Rujak Soto. Sebenarnya Rujak Soto ini adalah perpaduan antara rujak dan soto kuning, sehingga tercipta sebuah makanan khas jawa timur yang sangat enak. Ternyata saat ini di kawasan banyuwangi banyak tempat makan yang menyajikan makanan khas jawa timur ini.

Rujak Soto ini menjadi salah satu makanan khas jawa timur yang di favoritkan banyak orang, pasalnya sebelum di campur saja soto dan rujaknya saja sudah enak, apalagi jika kedua makanan ini di campur? Pasti akan menghasilkan sebuah makanan khas jawa timur yang enak. Jadi bagi anda yang penasaran dengan makanan khas jawa timur ini silahkan langsung datang ke Provinsi Jawa Timur dan coba silahkan nikmati kelezatannya.