Makanan dan Minuman Khas Bulan Ramadhan

Rabu, 12 Oktober 2016

Makanan dan Minuman Khas Bulan Ramadhan –  Sebentar lagi kita akan memasuki bulan yang penuh berkah yakni Bulan Ramadhan yang tuntunya sudah di tunggu-tunggu bagi umat islam. Bulan Ramadhan merupakan bulan penuh rahmat yang di dalamnya terdapat berbagai keceriaan dan kebahagian.

Wajib bagi umat islam dalam masa bulan ramadhan, mereka menunaikan ibadah puasa selama 1 bulan penuh. Dan tentunya selama dalam masa puasa tersebut, makanan dan minuman yang di sajikan oleh setiap keluarga tidak akan biasa seperti hari-hari biasanya. Makanan dan minuman khas ramadhan tentunya akan menjadi buruan di dalam masa bulan ramadhan.

Ada banyak makanan khas bulan ramadhan dan minuman khas bulan ramadhan yang tentunya akan membuat puasa anda semakin menyenangkan, karena pada saat sahur dan berbuka puasa anda di sambut dengan makanan dan minuman ramadhan yang istimewa dan spesial. Beberapa di antaranya banyak makanan khas ramadhan yang mengenyangkan dan minuman khas ramadhan yang menyegarkan.

Nah, pada kesempatan kali ini kulinerindonesia.blogspot.com akan mengajak anda untuk membahas tentang makanan khas ramadhan dan minuman khas ramadhan yang sangat cocok jika anda konsumsi di bulan ramadhan, terlebih lagi sebentar lagi kita akan memasuki bulan ramadhan.

Berikut ini adalah kumpulan makanan dan minuman khas bulan ramadhan yang terbaik dan terpopuler, bahkan bisa menjadi makanan dan minuman khas romadhan yang favorit bagi seluruh keluarga di Indonesia. Daftar makanan dan minuman khas ramadhan ini akan terus di update untuk memenuhi kebutuhan para pembaca setia blog kulinerindonesia.blogspot.com.


Kumpulan Makanan dan Minuman Khas Bulan Ramadhan

Kurma
Kuliner Indonesia - Kurma
makanan khas ramadhan yang pertama adalah buah kurma yang merupakan buah yang aslinya berasal dari tanah timur tengah. Buah kurma ini tentu saja mempunyai manfaat yakni misalkan saja mengatasi anemia, menjaga gigi dan tulang agar tetap sehat, mencegah stroke, juga mencegah jantung koroner, menjaga kesehatan mata, melancarkan buang air dan ternyata buah kurma mempunyai anti oksidan yang cukup tinggi.

Banyak sekali bukan manfaat dari buah kurma ini, karena yang manis-manis adalah makanan terbaik untuk berbuka puasa. Bahkan banyak orang ynag mengawali bukanya puasa dengan makanan khas ramadhan yang populer dengan nama kurma ini.

Kolak
Kuliner Indonesia - Kolak
Minuman khas ramadhan yang selanjutnya adalah sebuah minuman yang sangat erat kaitannya dengan menu buka puasa, hal ini karena kolak mempunyai rasa yang sangat manis sehingga sangat bagus jika di jadikan minuman berbuka puasa. Isi dari minuman kolak ini bisa sangat ramai, tergantung selera. Biasanya isi yang umum dari minuman khas ramadhan ini adalah pisang, ubi jalar dan bisa di kombinasikan dengan roti, selanjutnya di beri kuah yang manis.

Tentu saja setiap daerah pada masa bulan ramadhan, memasukkan kolak sebagai menu buka puasanya. Sampai saat ini, kolak yang paling di kenal banyak orang atau populer adalah kolak pisang. Bahkan kolak pisang ini sangat pas jika di hidangkan pada saat berbuka, terlebih lagi jika makanan khas ramadhan ini di beri es.

Cendol
Kuliner Indonesia - Cendol
Minuman khas bulan ramadhan yang ke tiga adalah sebuah minuman segar yang di namakan cendol yang merupakan salah satu minuman yang berasal dari Jawa Barat. Biasanya cendol di buat dengan bahan dasar tepung beras yang di mixing dengan santan, gula merah dan juga es batu. Biasanya warna dasar dari cendol adalah hijau putih, warna putih di hasilkan dari santan dan warna hijau berasal dari daun pandan.

Sampai saat ini cendol merupakan minuman khas ramadhan yang tidak bisa di pisahkan dengan menu berbuka puasa yang sangat menyegarkan. Anda bisa membuat cendol ini sendiri dengan mudah di rumah atau apabila anda tidak mau repot, anda bisa membeli minuman khas ramadhan ini pada orang jualan takjil di sekitar rumah anda.

Es Campur
Kuliner Indonesia - Es Campur
Minuman segar di kala bulan Ramadhan yang selanjutnya adalah minuman yang sangat sering kita jumpai di warung-warung sederhana. Salah satu minuman segar yang murah akan tetapi sudah cukup untuk melepas dahaga, terlebih lagi es campur memiliki rasa yang manis jadi sangat cocok untuk menu berbuka puasa.

Komposisi yang ada dalam es campur seperti cendol, cincau hitam, kolang kaling, santan, es pasrah, susu dan sirip menjadikan es campur layak untuk di jadikan menu berbuka puasa. Es campur yang merupakan makanan khas ramadhan ini tentu akan sangat mudah untuk anda dapatkan di sekitar rumah anda yang menjual takjil.

Es Teh Tubruk
Kuliner Indonesia - Es Teh Tubruk
Biasanya saat tidak pada bulan Ramadhan, minuman ini kerap di jadikan minuman penutup yang sangat menyegarkan. Biasanya di sajikan di tempat makan atau warung makan sederhana sebagai teman nasi campur atau nasi pecel. Minuman es teh tubruk merupakan minuman yang selain menyegarkan ternyata juga menyehatkan, banyak sekali manfaat dari teh tubruk ini.

Cara membuatnya juga sangat mudah yakni campur teh tubruk, gula, air dan tambahan rasa seperti buah lemon untuk mendapatkan rasa yang khas, setelah itu aduk hingga merata. Langkah terakhir yakni tambahkan es agar teh tubruk anda menyegarkan dan melepas dahaga anda setelah seharian berpuasa.

Bubur
Kuliner Indonesia - Bubur
Makanan khas Ramadhan yang berikutnya adalah sebuah makanan yang cukup umum untuk di temui di Indonesia. Makanan yang bernama bubur ini biasanya pada saat bulan Ramadhan seperti ini sangat pas sebagai sajian berbuka puasa. Dan juga biasanya sajian bubur ini di jadikan sebagai menu takjil yang tentunya di olah dengan rempah-rempah dan bumbu yang khas di masing-masing tempat.

Akan sangat lezat rasanya jika olahan bubur ini di atasnya di beri tabruran suwiran ayam yang menambah rasa lezat di dalamnya. Anda bisa memakan makanan khas ramadhan ini pada saat sahur atau anda juga bisa memakan makanan ramadhan ini pada saat berbuka puasa.

Pisang Ijo
Kuliner Indonesia - Pisang Ijo
Salah satu minuman khas Ramadhan yang selanjutnya adalah minuman yang mempunyai rasa yang manis. Salah satu minuman manis khas Makassar yang di namakan pisang ijo ini mempunyai rasa yang sangat enak. Jika di lihat sekilas, pisang yang di balut dengan adonan tepung terigu berwarna hijau ini termasuk salah saru menu buka puasa yang sangat di nanti setiap orang. Biasanya di buat dari pisang raja yang kemudian dibungkus adonan tepung terigu yang telah diberi bahan pewarna hijau seperti misalkan dari pandan.

Dengan di campur dengan kuah santan, sirup coco dan es serut membuat minuman khas ramadhan ini semakin segar. Akhir-akhir ini makanan khas ramadhan yang satu ini sangat populer di berbagai belahan indonesia, bahkan banyak sekali resep pisang ijo dan cara membuatnya yang tersebar di internet secara gratis.

Es Blewah
Kuliner Indonesia - Es Blewah
Minuman khas ramadhan yang menyegarkan adalah minuman yang banyak di buat oleh setiap keluarga di Indonesia di saat Bulan Ramadhan. Es Blewah tentunya bisa membuat orang-orang yang meminumnya di kala buka puasa merasa segar di tenggorokan. Es blewah adalah minuman perpaduan antara air, es, blewah dan pemanis yang membuat minuman ini terasa segar dan manis.

Tentunya minuman khas bulan ramadhan es blewah ini termasuk minuman yang sehat karena kandungan dari nutrisi, mineral kalium dan provitamin A yang ada di dalam buah blewah tersebut. Tidak hanya di bulan ramadhan saja, sebenarnya minuman khas ramadhan berupa es blewah ini sangat lezat di santap pada saat kita merasakan dahaga.

Kolang-Kaling
Kuliner Indonesia - Kolang-Kaling
Tentu anda sudah familiar bukan dengan minuman khas ramadhan yang satu ini? Bahkan Kolang-Kaling ynag kita bahas ini merupakan salah satu bahan yang di gunkan untuk campuran es buah. Uniknya minuman khas ramadhan ini bisa di jadikan sebagai camilan, unik bukan? Kolang-Kaling merupakan sebuah makanan yang terbuat dari biji pohon aren yang pada saat mentah mempunyai getah yang kental.

Kolang-Kaling ini mempunyai kadar air yang sangat tinggi dan di dalamnya terdapat beberapa kandungan lain seperti karbohidrat dan protein. Bahkan Kolang-Kaling mempunyai manfaat yang sangat bagus bagi tubuh anda, yakni memperlancar pencernaan anda. Jadi selain mengandung air, Kolang-Kaling ini biasanya sangat populer dan menjadi makanan favorit saat bulan ramadhan.

Cincau
Kuliner Indonesia - Cincau
Anda tentu sudah tahu Cincau bukan? Biasanya di jual di jalan-jalan dengan menu yang sudah jadi yakni es cincau. Ternyata Cincau merupakan sebuah makanan berjenis agar-agar yang di buat dari daun-daunan. Hasil dari olahan daun-daunan tersebut yang biasa di sebut tumbuhan mesona itu menghasilkan Cincau yang siap untuk menjadi santapan khas ramadhan yang populer di kalangan masyarakat indonesia.

Di dalam Cincau ternyata terdapat kandungan seperti misalkan saja alkaloid, tetrandine, protozoa dan masih banyak lagi yang lainnya. Khasiatnya terhadap tubuh bagi orang yang mengkonsumsinya seperti misalkan saja mengobati hipertensi, vertigo, demam, panas dalam, anti malaria, panas, maag dan ada orang yang mengatakan bahwa Cincau ini merupakan zat anti kanker yang sangat baik untuk tubuh.

Banyak sekali makanan khas ramadhan dan minuman khas ramadhan yang ada di Indonesia tercinta kita ini, untuk artikel makanan dan minuman khas ramadhan ini akan terus di update untuk memenuhi kebutuhan para pembaca kulinerindonesia.blogspot.com.

Sekian artikel yang membahas tentang makanan dan minuman khas bulan ramadhan yang tentunya wajib untuk di jadikan menu sahur atau menu berbuka puasa. Tetap baca artikel di kulinerindonesia.blogspot.com untuk mendapatkan informasi terupdate tentang makanan, minuman, resep dan wisata kuliner.