Makanan Khas Maluku

Rabu, 12 Oktober 2016

Makanan Khas Maluku – Salah satu tempat di Indonesia yang menjadi destinasi tempat wisata bagi wisatawan baik yang berasal dari indonesia atau yang berasal dari mancanegara adalah Maluku. Akan tetapi tidak banyak orang yang tahu jika Maluku ternyata tidak hanya tempat pariwisatanya saja yang menarik untuk di kunjungi, akan tetapi di Maluku juga terdapat berbagai makanan khas maluku yang tidak kalah enaknya dari makanan khas di tempat lainnya.

Pada sudut pandang internasional Maluku merupakan provinsi tertua di Indonesia dan ada sendiri sebutan untuk Maluku ini, yakni Molukken dan Moluccas ini jika di lihat dari sudut internasional. Di tempat yang kaya akan sejarah ini ternyata di dalamnya terdapat berbagai jenis makanan khas maluku yang rasanya sangat wajib untuk anda cicipi jika anda kebetulan sedang berada di salah satu tempat yang menarik di Indonesia ini.

Makanan khas maluku ini memang tidak cukup di kenal di Indonesia, akan tetapi anda harus tahu jika ternyata makanan khas maluku ini sudah sangat di kenal oleh masyarakat internasional yang tentu saja ini merupakan sebuah kebanggaan tersendiri bagi masyarakat maluku dan seluruh masyarakat indonesia. Penasaran macam dan jenis makanan khas maluku? Berikut kita bahas makanan khas maluku versi kulinerindonesia.blogspot.com.


Daftar Makanan Khas Maluku Paling Enak dan Terkenal

Kopi Sibu-sibu
Kuliner Indonesia - Kopi Sibu-sibu
Mungkin menu sajian maluku yang akan kita bahas sesaat lagi bukan merupakan sebuah makanan, akan tetapi minuman yang terkenal dengan nama Kopi Sibu-sibu. Minuman khas maluku yang satu ini merupakan sebuah jenis kopi robusta yang di proses dengan cara tradisional sesuai dengan sejarah minuman Kopi Sibu-sibu ini di Maluku sana dan untuk proses penghalusannya juga menggunakan proses yang tradisional.

Rasa dari minuman khas maluku ini sangat enak, hal ini di karenakan Kopi Sibu-sibu ini di dalamnya terdapat campuran biji ketapang muda dan bubuk cengkeh yang di haluskan. Tentu sangat berbeda dengan kebanyakan kopi yang ada di Pulau Jawa, dari rasa dan cara membuatnya sangat berbeda. Jadi tunggu apa lagi jika anda sedang berkunjung ke Maluku, rasanya wajib untuk mencoba minuman khas maluku Kopi Sibu-sibu ini.

Gohu Ikan
Kuliner Indonesia - Gohu Ikan
Makanan khas maluku yang berikutnya akan kita bahas adalah sebuah makanan yang sangat wajib untuk anda coba ketika anda sedang berada di maluku. Makanan khas maluku ini di kenal dengan nama Gohu Ikan yang merupakan sebuah makanan yang di buat dari ikan tuna, dari bahan dasarnya saja kita sudah tahu betapa enaknya makanan khas maluku yang satu ini. Makanan ini juga di kenal dengan nama Sashimi Ternate yang lezat.

Gohu Ikan ini di buat dengan cara daging tuna yang di potong dengan ukuran kecil, kemudian di campur dengan perasan lemon dan garam. Setelah itu di campur dengan daun kemangi yang telah di rajang kecil. Langkah berikutnya yakni menumis cabe rawit, bawang merah dan minyak kelapa. Setelah di rasa panas, kini saatnya mencampurkan ikan tuna dengan tumbukan kacang tanah goreng yang akan menghasilkan cita rasa luar biasa.

Ikan Kuah Pala Banda
Kuliner Indonesia - Ikan Kuah Pala Banda
Jangan lupa untuk mencoba makanan khas maluku yang satu ini, di kenal dengan nama Ikan Kuah Pala Banda, makanan khas maluku yang satu ini merupakan makanan yang berasal dari masyarakat kepulauan banda. Yang sangat istimewa dari Ikan Kuah Pala Banda ini adalah kuahnya yang sangat lezat, hal ini di karenakan makanan khas banda ini kaya dengan bumbu rempah yang sudah terkenal sejak jaman dulu.

Ikan Kuah Pala Banda ini dulunya bahkan di sajikan untuk para orang-orang besar yang datang ke kepulauan banda. Rasa kuah sop yang hadir di Ikan Kuah Pala Banda ini sangat segar, perpaduan pedas asam dari makanan khas maluku ini datang dari buah pala yang memang sangat terkenal di sana. Kombinasi dari Ikan Kuah Pala Banda ini yakni di sajikan bersama dengan ikan kakap merah bakar, sambal bekasang dan urap daun pepaya.

Nasi Lapola
Kuliner Indonesia - Nasi Lapola
Dari obrolan banyak orang, ternyata makanan khas maluku yang satu ini wajib untuk di masukkan dalam daftar makanan khas maluku yang di bahas dalam situs kuliner kulinerindonesia.blogspot.com. Makanan yang di kenal dengan nama Nasi Lapola ini merupakan makanan yang di buat dengan menggunakan bahan dasar yakni kacang tolo. Makanan yang satu ini merupakan salah satu makanan khas maluku terpopuler dan terkenal.

Cara membuat dari makanan khas maluku yang di kenal dengan nama Nasi Lapola ini yakni kacang tolo yang di masak bersama dengan beras, garam dan kelapa parut, setelah itu makanan yang satu ini di aduk hingga rata. Tentu langkah berikutnya adalah memasak makanan Nasi Lapola ini dengan cara di kukus sampai matang dan siap untuk di hidangkan di tengah-tengah pencinta makanan khas maluku.

Ikan Komu Asar
Kuliner Indonesia - Ikan Komu Asar
Masakan ikan memang sangat terkenal di Maluku sana, salah satu makanan khas maluku yang terkenal adalah sebuah makanan yang di kenal dengan nama Ikan Komu Asar. Makanan yang satu ini sepertinya wajib untuk anda cicipi bagi anda yang memang benar-benar ingin mencoba kekayaan makanan khas yang ada di seluruh indonesia. Ikan Komu Asar ini merupakan makanan yang cukup terkenal dan populer.

Dengan bahan dasar ikan cakalang, rasanya makanan ini bisa menggoyang lidah anda. Pasalnya ikan cakalang yang ada di makanan khas maluku bernama Ikan Komu Asar ini di masak dengan cara di tusuk dan di asap hingga rentang waktu satu jam saja. Setelah itu tunggu hingga matang dan sangat cocok bila pada saat penyajian di sajikan dengan sambal colo-colo dan nasi hangat. Biasanya Ikan Komu Asar ini juga bisa di buat dengan menggunakan ikan tuna atau ikan tongkol.

Gatang Kenari
Kuliner Indonesia - Gatang Kenari
Nama dari makanan yang satu ini sekilas mirip dengan nama sebuah burung yang cukup populer beberapa tahun belakangan ini, akan tetapi sangat berbeda dengan gambaran kita tentang makanan yang di kenal dengan nama Gatang Kenari ini. Makanan khas maluku utara ini mempunyai nama beken atau keren lainnya yakni biasanya makanan Gatang Kenari ini di sebut dengan nama Ketam Kenari.

Ternyata Gatang Kenari ini merupakan kepiting kenari yang di masak sedemikian rupa hingga menghasilkan rasa yang sangat enak. Apakah anda tahu seperti apa kepiting kenari itu? Kepiting kenari adalah hewan yang bisa memetik buah kelapa dan bahkan kepiting kenari ini bisa mengupas buah kelapa sendiri karena kelapa merupakan makanan dari kepiting kenari itu, luar biasa bukan?

Papeda Khas Maluku
Kuliner Indonesia - Papeda Khas Maluku
Pepeda ternyata bukan hanya ada di Papua saja, akan tetapi makanan yang terbuat dari sagu ini selain merupakan makanan khas dari papua ternyata papeda khas maluku juga ada. Makanan yang mempunyai tekstur lengket ini sangat terkenal di seluruh indonesia, pasalnya bentuk dari Papeda Khas Maluku ini sangat unik, kenyal dan mempunyai rasa yang tawar.

Memang Papeda Khas Maluku yang merupakan makanan khas maluku ini sangat pas jika di sajikan bersama dengan mubara atau ikan tongkol bumbu kunyit. Banyak manfaat yang bisa kita ambil dari makanan khas maluku yang terkenal dengan nama Papeda Khas Maluku ini, yakni seperti misalkan saja makanan Papeda Khas Maluku ini kaya akan serat, mempunyai cukup nutrisi dan merupakan makanan yang rendah kolesterol.

Nasi Jaha
Kuliner Indonesia - Nasi Jaha
Nasi merupakan salah satu makanan utama yang ada di Indonesia, begitu juga dengan makanan khas maluku yang terkenal dengan Nasi Jaha ini. Makanan Nasi Jaha ini merupakan makanan tradisional khas maluku utara yang mempunya rasa enak. Memang perpaduan dari makanan khas maluku bernama Nasi Jaha ini sangat unik, yakni seperti beras biasa, beras ketan dan santan dari kelapa yang menciptakan rasa yang gurih.

Nasi Jaha ini merupakan makanan yang di kenal oleh orang maluku sebagai makanan yang sangat mengenyangkan. Bentuk dari Nasi Jaha ini sangat panjang apabila belum di potong, jika di lihat sekilas untuk makanan di jawa makanan bernama Nasi Jaha ini sangat mirip dengan makanan yang bernama lemper jika di jawa. Rasanya makanan khas maluku ini sangat wajib untuk anda cicipi pasalnya rasanya sangat enak.

Sagu Woku Komo-Komo
Kuliner Indonesia - Sagu Woku Komo-Komo
Sagu merupakan salah satu bahan dasar makanan yang ada di maluku, kita lihat saja banyak jenis dan macam makanan khas maluku yang mempunyai bahan dasar sagu. Salah satu makanan khas maluku yang mempunyai bahan dasar sagu adalah Sagu Woku Komo-Komo. Sagu yang di rendam dalam air dingin di biarkan selama 1 jam lamanya dan kemudian di campur dengan bumbu rempah khas maluku.

Beberapa bumbu rempah dan bahan lainnya yang di campurkan dalam Sagu Woku Komo-Komo ini adalah seperti serai, jahe, bawang putih, jeroan ikan, bawnag merah, santan, sagu, merica, irisan daun bawang, garam dan bahan yang lainnya. Setelah itu untuk pemasakan dari Sagu Woku Komo-Komo ini yakni dengan cara di panggang dengan api hingga kering dan hingga matang. Rasa dari Sagu Woku Komo-Komo ini sangat di rekomendasikan bagi pencinta kuliner di seluruh dunia.

Sambal Colo Colo
Kuliner Indonesia - Sambal Colo Colo
Rasanya makan kurang komplit jika tidak ada sambal, mungkin kalimat itu sangat cocok bagi anda yang suka dengan makanan pedas. Di Maluku ternyata juga ada makanan khas yang bercita rasa pedas yakni Sambal Colo Colo yang sangat terkenal di Maluku dan merupakan makanan khas maluku yang sangat pedas. Di buat dengan beberapa bahan istimewa khas indonesia yang bisa menggoyang lidah.

Beberapa bahan yang terdapat dalam Sambal Colo Colo ini seperti misalkan saja cabe rawit, bawang merah, tomat muda di campur dengan jeruk nipis dan garam, setelah semua bahan siap kini saatnya di ulek hingga hancur. Tentu cita rasa yang ada sangat luar biasa dan untuk penyajiannya di tambahkan pula irisan daun kemangi. Bagi anda yang suka dengan kecap asin, anda bisa menambahkan di Sambal Colo Colo ini.

Bubur Sagu Ubi
Kuliner Indonesia - Bubur Sagu ubi
Makanan khas maluku yang selanjutnya akan kita bahas adalah sebuah makanan yang di buat dari sagu, makanan khas maluku yang satu ini terkenal dengan nama Bubur Sagu Ubi yang sangat lezat. Dengan berbagan dasar sagu yang di rendam dalam air sehingga menghasilkan sagu yang mengembang. Buang air dari rendaman sagu tersebut setelah itu tiriskan sagu yang telah anda rendam tadi, lanjut ke langkah masak Bubur Sagu Ubi yang berikutnya.

Kini saatnya merebus gula merah, daun pandan, gula pasir kedalam air hingga di rasa larut yang tentu menghasilkan sebuah kuah yang sangat manis. Bubur Sagu Ubi ini tercipta setelah kuah manis tadi di campur dengan sagu yang telah lunak tadi dan di campur pula dengan ubi merah yang telah di rebus. Akan tetapi jangan sampai pula untuk menambahkan santan kental kedalam Bubur Sagu Ubi khas maluku yang satu ini.